Cara Memperkenalkan Permainan Tradisional Indonesia

Cara Memperkenalkan Permainan Tradisional Indonesia

Di era teknologi yang seperti ini, permainan tradisional indonesia sudah sering ditinggalkan. Sehingga banyak anak-anak yang sudah tidak mengenal lagi berbagai permainan tradisional. Apalagi kemunculan gadget membuat anak lebih suka dengan hal tersebut. Permainan tradisional dianggap sudah tidak menarik lagi. Padahal kalau anda tahu tentang permainan tradisional ternyata memiliki efek positif terhadap diri anak. Bisa menjadi cara untuk mengembangkan emosi, kreativitas, social kepribadian dan komunikasi. Sebab secara tidak langsung permainan tradisional ini akan membuat diri menjadi lebih terbuka dan mampu untuk bekerja sama dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Hal yang tidak akan didapatkan dari permainan (game) zaman sekarang yang serba instan.

Sebagai orang tua, anda jangan pula tergerus oleh zaman. Kebanyakan dari orang tua malah ikut bermain dengan gadget yakni di agen bola resmi. Sekali-kali untuk menghilangkan kebosanan tidak menjadi sebuah masalah. Tetapi, yang berbahaya kalau malah ketagihan demikian pula anak anda yang ketagihan dengan gadgetnya. Seharusnya sebagai orang tua, anda harus memperkenalkan permainan tradisional ini kepada anak. Ada banyak sekali permainan yang bisa dipilih. Mulai dari bekel, engklek, dakon, grobak sodor serta berbagai pemainan lainnya. Cara memperkenalkannya tidak harus seluruhnya. Hanya sebagian saja, yang terpenting anak bisa tertarik terlebih dahulu dengan permainan asli dari indonesia tersebut. Agar lebih mudah berikut adalah cara yang bisa anda lakukan.

Cara Memperkenalkan Permainan Tradisional Indonesia

Pertama, anda bisa mulai dengan ajak anak untuk bermain di lingkungan sekitar tempat tinggal. Bisa pula anda bekerjasama dengan lingkungan dan mengadakan perlombaan permainan tradisional ini. Kedua, mengemas permainan dengan menarik. Tidak masalah anda mengubah sedikit permainan tradisional tersebut. Missal dengan mengadakan kompetisi bekel atau grobak sodor. Memperkenalkannya sebenarnya dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu. Anda harus turut serta bermain agar membuat anak anda tertarik. Selain itu, hindari untuk memperkenalkan secara dini teknologi pada anak. Itu bisa membuat anak menjadi ketagihan. Membuat anak sama sekali tidak akan tertarik dengan berbagai permainan tradisional yang ada.

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *